Home | Looking for something?
  • Cerita
  • Edit
  • Minggu, 18 April 2010

    Ridwan Dalimunte dan Nurlela Siregar


    Published: 08 Feb 2010 18:45:00 WIB by: kickandy

    Ridwan Dalimunte dan Nurlela Siregar merupakan guru di Dusun Aek Pastak, kawasan Padang Lawas, Tapanuli, Sumatera – Utara. Dusun dengan luas 195 ha ini merupakan tanah adat yang dikelola bersama. Pasangan suami-istri ini menjadi guru sejak tahun 1997. Adapun sekolah swadaya Aek Pasak ini merupakan sekolah jauh dari SD Negeri Pembangunan yang berada 7 km dari sekolah tersebut dan berdiri sejak tahun 1968. Guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut di tunjuk berdasarkan keputusan musyawarah warga.

    Sejak tahun 2005, Ridwan baru menerima honor dari komite yang diambil dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) sebesar Rp. 600.000. Sebelumnya, Ridwan dan istrinya hanya dibayar dengan 80 kaleng beras pertahun. Pasangan suami-istri Ridwan Dalimunte dan Nurlela Siregar harus bergantian mengajar anak-anak di sana. Kalau suaminya ke sawah, Nurlela yang pergi mengajar anak-anak. Begitupun sebaliknya.

    Sekolah tempat Ridwan mengajar hanya memiliki 1 ruangan yang disekat menjadi 2 kelas, dengan atap dan dinding sekolah berlubang-lubang. Sekarang ini, sudah ada 60 murid yang belajar di sekolah tersebut. Tahun 2005, pasangan suami-istri ini pernah diundang ke Jakarta untuk bertemu dengan istri wakil presiden, Mufidah Jusuf Kalla. Namun, kondisi sekolah tersebut belum banyak mengalami perubahan, bantuan yang diterima dari pemerintah baru sedikit. Harapan pasangan suami-istri ini adalah ingin meningkatkan pendidikan anak-anak di desa Aek Pastak ini. Nurlela bahkan mengaku sampai kapanpun dia akan mengajar karena dia menyukainya.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    TV Channel

    google translate

    chat disini aja yuk ^^